10 Peralatan Medis Zaman Dulu Paling Mengerikan Di Dunia

  wawanse      

10 Peralatan Medis Zaman Dulu Paling Mengerikan Di Dunia


10 Peralatan Medis Zaman Dulu Paling Mengerikan Di Dunia - Dunia medis adalah salah satu ilmu pengetahuan yang sudah berjalan selama berpuluh, beratus, bahkan mungkin ribuan tahun lamanya di muka bumi ini. Sehingga sudah banyak sekali kemajuan yang dialami dunia medis. 
Tak hanya pengetahuannya saja, namun penggunaan peralatan medis juga mengalami kemajuan. Tapi tahukah kamu kalau berkunjung ke dokter di masa lalu bisa menjadi suatu hal menyeramkan? Ya, bukan tanpa alasan karena para dokter jaman dulu memakai alat yang mengerikan. 
Dilansir listverse.com, berikut 10 Peralatan Medis Zaman Dulu Paling Mengerikan Di Dunia :

1. Lithotome Caché

Lithotome Caché
listverse.com


Batu kandung kemih (Vesical Calculus) adalah masalah umum saat seseorang tak mengonsumsi protein. Pada jaman dulu, dokter biasa 'memotong' batu kandung kemih dengan membuat sayatan di Perineal Raphe sehingga alat ini masuk. Bentuk alat ini berisi dua bilah pisau yang bisa memotong dan melebarkan leher kandung kemih. Namun seramnya, pasien tidak dibius saat melakukan ini.(ltv/aia)

2. Écraseur

Écraseur
listverse.com


Apakah kamu tahu bagaimana cara dokter jaman dulu mengangkat wasir atau daging tumbuh seperti tumor, polip, kista kerongkongan? Jawabannya adalah dengan Écraseur ini. Bentuk kawat melingkar di ujung alat ini bsia menjadi rantai gergaji yang digunakan untuk mencekik dan menghancurkan pertumbuhan daging serta alat penghenti pendarahan. (ltv/aia)

3. Hemorrhoid Forceps

Hemorrhoid Forceps
listverse.com



Jaman dulu saat ditemukan pasien penderita wasir, banyak dokter menggunakan alat ini. Bagaimana metode pemakaiannya? Pasien diminta membungkuk di atas meja lalu dokter menggunakan alatnya. Alat ini bisa menghancurkan wasir di bagian luar dan bisa menghentikan suplai darah. Sehingga jaringan yang rusak bisa mati dan layu. Setelah itu wasir di bagian dalam dikeluarkan dengan semacam kait yang dibakar/dipotong dengan gunting. (ltv/aia)

4. Stricture Divulsor

Stricture Divulsor
listverse.com


Saat seorang pasien pria mengeluhkan uretra-nya terlalu sempit sehingga tak bisa dilewati aliran urine, dokter akan menggunakan Stricture Divulsor. Alat ini dimasukkan ke dalam uretra melalui ujung penis lalu sekrup diputar untuk memisahkan pisau dan melebarkan uretra sejauh mungkin. Mayoritas dokter percaya merobek penyempitar uretra sehingga darah keluar itu adalah pertanda baik. (ltv/aia)

5. Fetal Destructors dan Extractors

Fetal Destructors dan Extractors
listverse.com


Tahukah kamu kalau melahirkan dengan operasi Caesar adalah hal yang menakutkan di jaman dulu? Ya, saat pasien menghadapi hidup dan mati, para dokter lebih memilih mengorbankan bayi yang belum lahir. Tanpa banyak pikir saat dokter tahu janin meninggal, dia akan memakai alat ini untuk memenggal mayat si janin dan mencabut tubuhnya dengan alat mirip kail. Bahkan jika janin masih hidup, sebuah alat pelubang dipakai untuk membunuhnya sebelum dikeluarkan dari rahim. (ltv/aia)

Baca Kelanjutan dari 10 Peralatan Medis Zaman Dulu Paling Mengerikan Di Dunia bagian 2.

Sumber Artikel

Terima Kasih Sudah Membaca √ 10 Peralatan Medis Zaman Dulu Paling Mengerikan Di Dunia

logoblog
Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment