Home » » Begini Cara Duduk yang Mencegah Diabetes

Begini Cara Duduk yang Mencegah Diabetes

009832


[imagetag]

Begini Cara Duduk yang Mencegah Diabetes Duduk diam terlalu lama ternyata bisa meningkatkan risiko serangan diabetes. Karenanya, usahakan bangkit dari duduk setiap 30 menit sekali dan melakukan gerak tubuh ringan.

Satu lagi penelitian yang membuktikan betapa pentingnya aktivitas fisik dalam menjauhkan risiko serangan penyakit berat! Baru-baru ini, sebuah penelitian yang dilakukan di University of Otago di Selandia Baru menyatakan bahwa aktivitas berjalan kaki selama sekitar dua menit yang dilakukan setiap 30 menit sekali ternyata ampuh memangkas risiko serangan penyakit diabetes. Menurut para peneliti, kegiatan berjalan kaki sejenak yang bisa dilakukan di sela-sela jam kantor tersebut bahkan lebih efektif dalam menekan kadar gula darah dibandingkan olahraga yang dilakukan secara rutin.

Hasil penelitian tersebut mendukung penelitian lain yang dilakukan sebelumnya di lembaga riset medis Baker IDI Heart and Diabetes Institute, Australia. Menurut para peneliti, responden yang sering duduk dalam jangka waktu lama seperti pekerja kantoran, pengemudi, dan lain-lain, memiliki risiko terserang penyakit diabetes lebih besar dibandingkan mereka yang sehari-harinya aktif bekerja di lapangan.

Prof. David Dunstan, salah seorang peneliti, menyatakan bahwa hal tersebut bisa diatasi dengan melakukan aktivitas fisik ringan seperti berjalan kaki ataupun melakukan gerakan stretching (peregangan) setiap 20-30 menit sekali. "Kegiatan ringan tersebut terbukti dapat menurunkan kadar gula darah sebesar 30%. Dengan demikian, risiko terserang penyakit diabetes bisa dipangkas secara otomatis," ujarnya.

Bagi para pekerja kantoran, bukan hanya berguna menurunkan tekanan darah, mengambil jeda sejenak dari aktivitas bekerja selama berjam-jam di depan komputer juga baik untuk mengistirahatkan serta menurunkan tekanan pada mata yang menjadi penyebab utama penyakit glukoma.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo alihkan sejenak pandangan Anda dari layar komputer dan berjalan kakilah menuju pantry untuk mengambil segelas air minum.

[ sumber ]

Bagikan Artikel :

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Powered by Blogger.
 
Support : SituSaja | Tentang Aku | Pasang Iklan
Copyright © 2011-2015. gudang artikel - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Wawan Se
Proudly powered by Blogger