Home » » Negara Mana Pencemar Lingkungan Terbesar di Dunia?

Negara Mana Pencemar Lingkungan Terbesar di Dunia?

009832


[imagetag]




Pertanyaan yang mungkin sering muncul di benak kita adalah negara mana yang menghasilkan pencemer lingkungan terbesar di dunia? Jawabanya adalah Qatar. Emisi karbon per kapita Qatar merupakan yang tertinggi di dunia. Menurut laporan Living Planet, jika setiap manusia hidup seperti orang Qatar rata-rata, maka bumi akan kehabisan sumber dayanya hampir lima kali lebih cepat dari tingkat saat ini. Karena, para warga Qatar menggunakan sumber daya dari bumi lebih banyak 50 persen dari yang dapat diambil dari bumi dalam setahun. Dengan kata lain, mereka menggunakan sumber daya setara dengan 1,5 planet bumi per tahun. Diperkirakan pada tahun 2030, mereka akan menggunakan sumber daya setara dengan 2 planet bumi setiap tahunnya.





Ketika para pemimpin dunia berkumpul di Rio de Janeiro pada Juni, "biokapasitas" planet, yaitu berapa banyak jumlah kehidupan yang dapat disokong oleh Bumi, akan menjadi topik diskusi. Dan data Global Footprint menunjukkan bahwa manusia di seluruh dunia menggunakan sumber daya lebih dari biokapasitas yang dapat menyokong kehidupan mereka.





Lalu mengapa Qatar masuk ke dalam daftar negara pengkonsumsi energi tertinggi? Perlu anda ketahui, minyak yang dipompa keluar dari negara padang pasir ini bukanlah faktor utama tingginya jumlah konsumsi energi negara (kecuali jika dalam keadaan terbakar), melainkan penggunaan energi dari gedung-gedung pencakar langit di negara Timur Tengah ini menjadikan Qatar sebagai negara pemakai energi tertinggi di dunia.





Dapat anda bayangkan, untuk menyediakan air bagi para warganya saja, Qatar sudah mengkonsumsi energi dalam jumlah yang sangat besar, karena kebanyakan air di Timur Tengah diproduksi dengan cara desalinasi air laut. Dan permintaan energi meningkat sebesar 7 persen per tahun untuk menjalankan desalinator dan AC untuk menyejukkan udara padang pasir serta peralatan produksi gas alam dan minyak bumi.



Bagikan Artikel :

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Powered by Blogger.
 
Support : SituSaja | Tentang Aku | Pasang Iklan
Copyright © 2011-2015. gudang artikel - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Wawan Se
Proudly powered by Blogger