Fakta Unik Sumur Zamzam Berdasarkan Penelitian Para Ahli

  wawanse      
http://kompasnia.blogspot.com

situsaja- Zamzam ( زمزم) dalam bahasa Arab mengandung arti : banyak,melimpah-ruah. Umat Islam menganggap Air zamzam ini sebagai air suci. Air Zamzam adalah sumur yang berasal darimata air yang ada di sekitar Masjidil Haram, letaknya di sebelah tenggara Ka’bah, kedalaman air zamzam ini sekitar 42 meter.

Berdasarkan dari salah satu riwayat, mata airitu ditemukan pertama kali olehSiti Hajar setelah berlari-lari bolak-balik antara bukit Safa dengan bukit Marwah ketika mencari air, itu atas petunjuk Malaikat Jibril, tatkala Ismail putera Siti Hajar yang saat itu masih bayi, mengalami kehausan di tengah padang pasir, sementara persediaan airtidak ada.

Tidak ada yang tahu persis bagaimana telaga zam-zam ini bisa mengeluarkan puluhan juta liter pada musim haji dan anehnya lagi sumur zamzam ini tidak pernah mengalami kekeringan. Ini sungguh karunia Allah atas kemaha kuasaan-Nya.

Berawal dari kisahkeluargadi atas muncul lah air zamzam yang bermanfaat sampai sekarang.Berapa banyakair zam-zamyang di ambil setiap kali musim haji? Mari kita kira secara acak, Jemaah haji yang datang dari seluruh dunia pada setiap musim haji dewasa ini berjumlah lebih kurang dua jutaorang. http://kompasnia.blogspot.com

Semua jemaah diberi 5 liter air zamzam ketika pulang ke tanah airnya, jika 2 juta orang membawa pulang masing-masing 5 liter air zam-zam ke negaranya, ini saja sudah menjadi 10 juta liter.Disamping itu sepanjang berada di Mekah dan kebanyakan jamaah tinggal 25 hari dan setiap orang menghabiskan 1 liter sehari maka jumlahnya sudah 50 juta liter.

Ini dia fakta unik sumur zamzamyang kami rangkum dari beberapa sumber terpercaya:Pada tahun 1971, seorang dokter dari Mesir mengatakan kepada koran di Eropa bahwa air zam-zam tidak sehat untuk diminum.

Pendapatnya berdasarkan bahwa kota Mekahitu ada di bawah garis permukaan laut, Air Zamzam itu berasal dari air limbah penduduk kota Mekah yang meresap, kemudian mengendap terbawa bersama-sama air hujan dan keluar dari sumur air zamzam.Berita ini sampai ke telinga Raja Faisal yang kemudian memerintahkan Menteri Pertanian dan Sumber Air untukmenyelidiki masalah ini dan mengirim sampel air zam-zam ke Laboratorium-laboratorium di Eropa untuk diuji.

Tariq Hussain seorang insinyur kimia yang bekerja di Institut Penyaringan Air Laut untuk diminum di Jedah, mendapat tugas menyelidikinya. Pada saatmemulai tugasnya Tariq belum ada gambaran bagaimana sumur air zam-zam bisa menyimpan air yang begitu banyak seperti tidak ada batasnya.Ketika sampai di dalam sumur, Tariq amat terkejut ketika melihat bahwa ukuran "kolam" sumur itu hanya 18 x 14 kaki saja (Kira-kira 5 x 4 meter).

Tidak terbayang bagaimana sumur sekecil ini bisa mengeluarkan jutaan Galen air setiap kali musim haji, dan ini terjadi sejak ribuan tahun yang lalu semenjak zaman Nabi Ibrahim AS.Penelitian menunjukkan bahwa mata air zam-zam bisa mengeluarkan air sebanyak 11-18 liter air per detik, dengan demikian setiap menit 660 liter air akan dihasilkan, itulah yang mengejutkan.

Tariq mulai mengukur kedalaman air sumur dan meminta asistennya masuk ke dalam air, ternyata air sumur itu hanya mencapai sedikit di atas bahu pembantunya yang tinggi tubuhnya 5 kaki 8 inci.Lalu dia menyuruh asistennya untuk memeriksa, apakah mungkin ada cerukan atau saluran pipa di dalamnya. Setelah memeriksa dari satu tempat ke tempat lainnya, ternyata tidak menemukan apapun!.

http://kompasnia.blogspot.com Dia berpikir mungkin saja air sumur ini diambil dari luar melalui saluran pompa berkapisiti besar, jika itu keadaannya maka dia dapat melihat turun-naiknya permukaan air secara tiba-tiba.Tapi dugaannya meleset, dia tidak menemukan gerakan air yang mencurigakan, juga tidak menemukan ada alat yang bisa mendatangkan air dalam jumlah besar.

Selanjutnya dia minta asistennya masuk lagi ke dalamsumur, lalu menyuruh berdiri dan diam ditempatnya sambil mengamati sekelilingnya.Perhatikan dengan cermat dan laporkan apa yang terjadi walausekecil apapun, setelah melakukan proses ini dengan cermat, asistennya tiba-tiba mengangkat kedua tangannya sambil berteriak:"Alhamdulillah, Saya menemukannya! Pasir halus menari-nari di bawah telapak kakiku, dan air itu keluar dari dasar sumur ".

Lalu asistennya diminta berputar mengelilingi sumur ketika tiba saat pemompaan air(untuk disalurkan ke tempat distribusi air) terjadi. Dia merasakan bahwa air yang keluar dari dasar sumur sama besarnya seperti sebelum periode pemompaan.

Aliran air yang keluar besarnya sama di setiap titik di semua daerah, ini menyebabkan permukaan sumur itu tetap tidak ada guncangan yang besar.Mengandung Zat Anti KumanHasil penelitian sampel air di Eropa dan Arab Saudi menunjukkan bahwaair zam-zammengandung zat fluorida yang ada daya efektif membunuh kuman, sama seperti sudah mengandung obat.

Lalu perbedaan air zam-zam dibandingkan dengan air sumurlain di Mekah dan sekitarnya Arab adalah dalam hal kuantitaskalsium dan garam magnesium.Isi kedua-kedua mineral itu sedikit lebih banyak pada air zam-zam, mungkin sebab itulah air zam-zam dapat menyegarkan bagi jamaah yangkelelahan.

Keistimewaan lain komposisi dan rasa kandungan garamnya selalu stabil selalu sama dari sejak terbentuknya sumur ini. Rasanya "selalu terjaga, diakui oleh semua jemaah haji dan umrah yang selalu datang setiap tahun.

Dapat Menyembuhkan Penyakit Nabi saw menjelaskan:
"Sesungguhnya, air zam-zam iniair yang sangat diberkahi, itu adalah makanan yang mengandung gizi".

Nabi S.A.W. menambahkan:
"Air zamzam bermanfaat untuk apa saja yang diniatkan ketika meminumnya. Jika engkau minum dengan maksud agarsembuh dari penyakitmu, maka Allah menyembuhkannya. Jika engkau minum dengan maksud supaya merasa kenyang, maka Allah mengenyangkan engkau. Jika engkau meminumnya agar hilang rasa hausmu, maka Allah akan menghilangkan dahagamu itu. Ini adalah air tekanan tumit Jibril, minuman dari Allah untuk Ismail ".(HR Daruqutni, Ahmad, Ibnu Majah, dari Ibnu Abbas).

Rasulullah (SAW) pernah mengambilair zam-zamdalam sebuah kendi dan wadah dari kulit, kemudian membawanya kembali ke Madinah dan Air zam-zam itu digunakan Rasulullah (saw) untuk memercikkan kepada orang sakit dan kemudian disuruh meminumnya.

Dalam penelitian ilmiah yang dilakukan di laboratorium Eropa, terbukti bahwa air zamzam memang lain dari yanglain. Isi airnya berbeda dengan sumur-sumur yang ada di sekitar Makah.Harga Kalsium dan garam Magnesiumnya lebih tinggi dibanding sumur lainnya, berkhasiat untuk menghilangkan rasa haus dan efek penyembuhan.

Air Zam-zam juga mengandung zat fluorida yang berkhasiat menghancurkan kuman-kuman yang ada dalam kandungan airnya.Yang juga menakjubkan adalah tidak ada sedikit pun lumut di sumur ini. Air Zam-zam selalu bebas dari kontaminasi kuman. http://kompasnia.blogspot.com

Ajaibnya lagi, pada saat semua sumur air di sekitar Mekah dalam keadaan kering, sumur air zam-zam tetap berair. Dan air zamzam memang tidak pernah kering sepanjang zaman.Beberapa ulama fikih merekomendasikan agar jamaah haji membawaair zamzamketika pulang ke negaranya karena air zam-zam bisa jadi sebagai obat untuk penyembuhan.

Ini terbukti banyak jemaah dari negara umat Islam manapun negara lain yang pernah merasakan keajaiban air zamzam.

http://kompasnia.blogspot.com http://situsaja.blogspot.com


Terima Kasih Sudah Membaca √ Fakta Unik Sumur Zamzam Berdasarkan Penelitian Para Ahli

logoblog
Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment