Home » » Dua Bintang Terjauh di Bima Sakti Ditemukan

Dua Bintang Terjauh di Bima Sakti Ditemukan

http://situsaja.blogspot.com

Situ Saja-
Duabintang terjauh di Bima Sakti, yaitu ULAS J0744+25 dan ULAS J0015+1, ditemukan. Berapa jarakbintang paling jauh di Bima Saktitersebut?

Kedua bintang masing-masing berjarak 775.000 tahun cahaya dan 900.000 tahun cahaya dari Bumi.Artinya, keduanya lima kali lebih jauh dari jarak satelit Bima Sakti, Awan Magellan Kecil, atau sepertiga jarak galaksi terdekat dari Bima Sakti: Andromeda.Jarak itu dipastikan menggunakan beragam teknik.

"Jarak kedua bintang itu terlalu besar untuk dipahami," cetus pimpinan studi, John Bochanski dari Haverford College, Pennsylvania, AS kepadaSpace.com, pada Kamis (10/7).Selama ini Bima Sakti dikenal sebagai galaksi spiral yang diameter piringannya terentang 100.000 tahun cahaya.

Ia dikelilingi halo yang terentang 500.000 tahun cahaya dan berisi bintang-bintang penjelajah sisa tabrakan banyak galaksi kecil yang membentuk Bima Sakti.Keduabintang terjauh di Bima Saktiitu bintang raksasa merah dingin yang jumlahnya jauh lebih sedikit dibandingkan bintang katai merah.

Meski harus dibuktikan ulang —jika benar kedua bintang adalah bagian dari Bima Sakti, maka peta struktur Bima Sakti harus diperbarui.

http://situsaja.blogspot.com


Bagikan Artikel :

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Powered by Blogger.
 
Support : SituSaja | Tentang Aku | Pasang Iklan
Copyright © 2011-2015. gudang artikel - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Wawan Se
Proudly powered by Blogger