Home » , » Ilmuwan Akan Hidupkan Hewan Punah

Ilmuwan Akan Hidupkan Hewan Punah

woolly-mammoth

Mammoth

Pernhkah kalian nonton film Jurassic Park.?? film yang menceritakan tentangmenghidupkan kembali hewan-hewan yang telah punah. Hemmm... Mungkin dalam benak kita terpikir itu adalah ide ide gila,, tapi jangan salah kawan,, semua itu bisa jadi kenyataan. Sejumlah ilmuwan ingin membangkitkan kembali 24 hewan dari kepunahan. Baca juga : Makhluk misterius pembawa kematiandiGurun Gobi

Burung Dodo, Parkit Carolina, Quagga dan zebra polos yangpernah hidup di Afrika Selatan adalah beberapa hewan yang akan dihidupkan kembali.Parkit Carolina terakhir terlihat pada 1904 di Florida, sedangkan Zebra polos pernah hidup di Afrika Selatan dan spesies liar terakhirnya dilaporkan tewas ditembak pada 1870 sedangkan yang hidup di penangkaran meninggal pada 1883.

Tim ilmuwan memilih hewan berdasarkan beberapa kriteria dan jugamempertimbangkan sisi etika saat mau mengembalikan mereka ke dunia. Mereka membahas apakah spesies yang akan dihidupkan akan dicintai olehmanusia atau tidak.

zebra polos

Zebra Polos

Ilmuwan juga mempertimbangkan alasan kepraktisan. Misalnya, apakah cukup mudah bagi ilmuwan untuk mendapatkan sampel DNA yang baik untuk mereproduksi hewan itu, juga kemungkinan untuk mengintroduksi kembali ke lingkungan.Langkah pertama untuk menghidupkan hewan yang telah punah adalah mengambil DNA lebih dulu. Lalu, ilmuwan akan memasukkan genom ke dalam sel embrionik yang materi genetiknya telah dikeluarkan.

Terakhir ialah dengan mengimplantasikan embrio ke induk hewan dengan kekerabatan terdekat.Upaya menghidupkan kembali pernah dilakukan ilmuwan Perancis dan Spanyol. Mereka berusaha menghidupkan kembali kambing liar.

Kambing berhasil dilahirkan, tetapi hanya hidup selama 10 menit.Bulan ini National Geographic menjelaskan bagaimana proyek bernama de-extinction ini bekerja.

Mereka mengambil sampel DNA lama dan memasangnya kembali ke dalam genom penuh. Kemudian genom tersebut disuntikkan ke dalam sel embrio yang tidak memiliki DNA dan cocok untuk tempat berkembang genom.Akan tetapi, proyek ini memunculkan banyak pertanyaan etis dan logis. Baca juga : Terungkap, Detik-detik Terbentuknya Alam Semesta

Salahsatunya adalah bagaimana para ilmuwan bisa mendapatkan sampel DNAyang dapat digunakan dari hewan punah.De-extinction bisa menghabiskan biaya yang bervariasi tergantung spesies yang mau dihidupkan kembali. Akan tetapi, diyakini biayanya bisa menyentuh hingga ratusan ribu dollar.Meski direncanakan ada 24 spesies hewan yang akan dihidupkan, tidak ada nama dinosaurus pada daftar tersebut. Alasannya adalah karena DNA dinosaurus terlalu tua dan sulit untuk berkembang

http://kompasnia.blogspot.com




Bagikan Artikel :

1 comments:

  1. Siiiippp.....


    *** Kunjungi juga artikel menarik dan hot ***

    http://super-bagus.blogspot.com

    http://forum-telanjang.blogspot.com

    http://forum-bugil.blogspot.com

    http://tantegigolo.blogspot.com

    http://jepang69.blogspot.com

    http://seounix.blogspot.com


    (O_O)


    Balas Hapus

    ReplyDelete

Blog Archive

Powered by Blogger.
 
Support : SituSaja | Tentang Aku | Pasang Iklan
Copyright © 2011-2015. gudang artikel - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Wawan Se
Proudly powered by Blogger