Mud Volcano, Indikasi Kehidupan di Mars

  wawanse      
foto mars

Situ Saja- Jika kehidupan di Mars benar-benar ada, ilmuwan percaya indikasinya dapatditemukan di dataran utara Acidalia Planitia yang terdapatmud volcanosejenis aktivitas vulkanik lumpur di Porong, Sidoarjo.Acidalia Planitia memiliki struktur geologi yang memuntahkan sedimen bawah tanah yang berlumpur.

Sedimen ini mungkin mengandung bahan organik yang dapat menjadi penanda adanya kehidupan di masa lampau.“Jika ada kehidupan di Mars, mungkin mereka akan berkembang di lingkungan yang kaya cairan,” kata pemimpin studi Dorothy Oehler, ilmuwan riset di Direktorat Eksplorasi Ilmiah dan Penelitian Astromaterial di Johnson Space Center, NASA.“Gunung berapi yang mengandung lumpur ini merupakan indikator dari permukaan yang kaya fluida.

Ini membawa ke kedalaman bawah permukaan yang mungkin sulit kita amati.”Oehler dan asistennya Carlton Allen mempublikasikan penelitian ini diIcarus.Mereka berhasil memetakan untuk pertama kali, lebih dari 18.000 gundukan melingkar.

Keduanya memperkirakan muncul lebih dari 40.000 gundukan lumpur di daerah tersebut.Oehler dan Allen menganalisis gambar dari Mars Reconnaissance Orbiter yang memungkinkan mereka menganalisis struktur beberapa gundukan serta fitur aliran lumpur. Data tersebut juga mengandung informasi mineral dari gundukan lumpur.

Mud volcanomerupakan struktur geologi di mana campuran gas, cairan dan batuan halus yang ada beberapa kilometer bawah tanah terpaksa naik kepermukaan. Di bumi,mud volcanomemiliki peran penting bagi industri minyak. Wilayah ini mampu memprediksi keberadaan minyak bumi.“Jika kehidupan benar-benar ada di bagiah bawah permukaan, keberadaan air dan materi lain yang terkandung di lumpur akan terangkat ke atas tanah.

Sehingga setidaknya proses ini dapat diteliti kembali,” kata Kenneth Tanaka, ilmuwan dari Astrogeology Science Center of the US Geological Survey.“Kami percaya bahwa Acidalia merupakan tempat yang tepat bagi kehidapan karena memiliki sumber air yang berlimpah,” kata Oehler.“Ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk mencari kehidupan yang mungkin berkembang di Mars.”



http://situsaja.blogspot.com






Terima Kasih Sudah Membaca √ Mud Volcano, Indikasi Kehidupan di Mars

logoblog
Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment