5 Fakta Unik Tentang Benua Eropa

  wawanse      

Situ Saja - Benua yang satuini terkenal karena warisan budayanya dimasa lalu. Jika Amerika dan Asia dianggap sebagai benua eksotis, maka Eropa dipuji karena sisi elegannya.

Negara-negara di Eropa seperti Prancis, Italia, Yunani, dan Jerman merupakan salah satu tujuan wisata favorit di dunia.Sebab negara-negara yang sempat menjadi pusat perkembangan budaya dunia itu masih menyimpan berbagai seni peninggalan zaman kuno yang menakjubkan.

Belum lagi khasanah kuliner Eropa yang kaya dan bercitarasa mewah.Walaupun begitu banyak juga orang awam yang tidak terlalu mengenalbenua ini.Tak sedikit orang yang tak tahu kalau Eropa adalah sebuah benua, bukan nama negara. Yang paling diingat oleh publik dunia barangkali kesalahan presiden Barrack Obama yang menyebutEropa sebagai sebuah negara dalam siaran media massa nasional.Benua Eropa ternyata menyimpan banyak ciri khas yang tidak bisa ditemui di benua lain.

Banyak fakta tersembunyi tentang benuaini yang mungkin belum Anda ketahui. Berikut ini kami sajikan5 Fakta Unik Tentang Benua Eropaseperti dikutip dariTop Tenz.

1. Kota yang menjadi bagian dari dua benua

Istanbul, ibukota dari negara Turki adalah satu-satunya kota di dunia yang menjadi bagian dua benua besar, yaitu Eropa dan Asia. Turki sendiri memiliki dua ibukota, Ankara yang secara yurisdiksi masuk benua Asia dan Istanbulyang diresmikan sebagai ibukota Turki bagian Eropa.Wilayah kota Istanbul terbelah oleh Selat Bosporus. Istanbul dinobatkan menjadi ibukota kebudayaanEropa pada tahun 2010 oleh Uni Eropa.Sepanjang sejarah, kota ini telah menjadi ibukota banyak kerajaan.Sekarang kota ini menjadi tujuan wisata, terutama bagi mereka yang ingin merasakan sensasi menjejakkan kaki di dua benua sekaligus. Hanya dengan menumpangi kapal ferry, siapapun sudah bisa menyeberang dari Asia ke Eropa atau sebaliknya.

2. Negara terkecil di dunia

Mungkin Anda sudah tahu kalau negara dengan wilayah terbesar di dunia, yaitu Rusia terletak di kawasan Eropa. Negara dengan wilayah terbesar kedua dan ketiga adalah China dan Brasil. Tahukah Anda, kalau negara terkecil di dunia juga berada di Eropa? Vatikan, dengan wilayah 0,44 kilometer persegi merupakan negara terkecil di dunia.Negara kota yang satu ini memang berada dalam wilayah negara Italia. Tetapi kedaulatannya sebagai negara mikro diakui oleh hampir seluruh negaradi dunia.Negara yang menjadi pusat kegiatan keagamaan umat Katolik ini juga merupakan pusat warisan dunia UNESCO, satu-satunya situs dalam daftarSitus Warisan Dunia yang mencakup seluruh negara.Baca Juga10 Negara Paling Kecil Di Dunia.

3.Patung Liberty dibangun di Prancis

Tak banyak dari kita yang tahu kalau Patung Liberty yang jadi kebanggaan kota New York, Amerika Serikat itu dirancang oleh Frederic Bartholdi. Patung neoklasik kolosal itu tidak dibangun di Amerika Serikat, melainkan diimpor dari Prancis. Patung itu dibuat di Prancis dan diberikan sebagai tanda persahabatan dengan Amerika Serikat.Selain Bartholdi, yang juga berjasa menciptakan patung lambang kebebasan itu adalah Alexandre GustaveEiffel, insinyur Prancis yang membuat kerangka baja patung dan di kemudian hari nama belakangnya diabadikan sebagai nama Menara Eiffel di Paris. Tinggi total Liberty adalah 305 kaki, 6 inci, dan tujuh lampu pada mahkota sangdewi kebebasan yang mewakili tujuh benua.Baca JugaProses Pembuatan Patung Liberty.

4.Berasal dari mitologi Yunani

Secara etimologis, kata Eropa berasal dari Yunani kuno yang berarti luas dan lebar. Nama benua Eropa ini ternyata berasal dari tokoh dalam mitologi Yunani, yaitu Europa. Menurut mitos, Europa adalah seorang putri Fenisia yang jelita. Dia adalah putri dari Agenor, raja Tirus.Zeus jatuh cinta dengan Europa, sehingga ia memutuskan untuk muncul di depannya sebagai banteng putih yang perkasa untuk memperdaya dan mendapatkan dirinya.

Sang putri pun naik ke punggung banteng dan segera dibawa ke Kreta, di mana Zeus menunjukkan jati dirinya dan kemudian memperistri Europa. Dengan Zeus, Europa memiliki tiga anak, yaitu Sarpedon, Minos, dan Rhadamanthys.

5. Daerah dengan nama terpanjang di dunia

Tahukah Anda, kalau daerah-daerah dengan nama resmi terpanjang di dunia banyak yang berlokasi di Eropa? Sebuah desa di Wales, Inggris memiliki nama resmi yang terdiri dari 58 huruf, yaitu Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch yang berarti GerejaSaint Mary di lembah pohon hazel putih dekat pusaran air cepat dan Gereja St Tysilio dari gua merah'. Nama yang sangat panjang, bukan? Walaupun begitupenduduk setempat lebih suka menyebutnya dengan nama Llanfairpwllgwyngyll yang masih cukup sulit untuk dilafalkan.

Masih ada lagi tempat dengan nama super panjang di Eropa, yaitu Ateritsiputeritsipuolilautatsijanka yang berlokasi di Finlandia, Siemieniakowszczyzna di Polandia, dan Newtownmountkennedy yang ada di Irlandia.Nah, itulah5 Fakta Unik Tentang Benua Eropayang mungkin masih belum Anda ketahui.

http://situsaja.blogspot.com




Terima Kasih Sudah Membaca √ 5 Fakta Unik Tentang Benua Eropa

logoblog
Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment