Home » » Google Indonesia dihack ? Google masih bungkam…

Google Indonesia dihack ? Google masih bungkam…



Situ Saja - Apakah hari ini Anda sudah mencoba mengakses halaman Google Indonesia (google.co.id) dan tidak berhasil? Jika iya,jangan heran. Sebab halaman Google Indonesia sempat beberapa waktu lalu tidak bisa diakses oleh para penggunanya.

Meski saat ini sudah bisa diakses, sempat tersiar berita bahwa Google Indonesia diduga diserang oleh hacker.Saat diakses, beberapa pengunjung melaporkan tampilan Google tidak seperti biasanya. Halaman yang biasanya didominasi warna putih jadi ‘menghitam’.

Selain itu,loading situs Google.co.id menjadi lambat.Kabar bahwa Google Indonesia telah di-hack ini dilaporkan sudah menyebar cukup luas di media sosial. Juga menjadi bahan diskusi di berbagai forum.Dalam tampilan yang tidak seperti biasanya tersebut, halaman Google jadi berwarna hitam dan bertebaran tulisan klaim dari hacker.

Misalnya saja ‘Securityis just an illusion’, ‘Struck by 1337′, dan ‘Google Indonesia stamped by Team Madleets’.Disinyalir bukan server Google yang berhasil ditembus oleh hacker. Hacker ini hanya melakukan metode yang disebut DNS Hijacked. Mereka mengubahalamat DNS yang merujuk ke Google Indonesia ke situs yang dibuat sebelumnya.

DNS (domain name system) sendiri adalah sistem yang bertugas untuk mengubah alamat IP menjadi nama yanglebih mudah diingat. Pelaku serangan diduga mengakali sistem ini dengan mengalihkan alamat google.co.id ke situs yang sudah ditentukan oleh mereka.Ada dugaan perubahan tampilan Googlehanya bisa diakses melalui penyedia layanan internet tertentu saja, tidak semuanya.

Belum ada keterangan dari Google mengenai permasalahan ini.Meski saat ini halaman Google Indonesia sudah bisa dibuka, namun tetapi saja kita menantikan penjelasan dari pihak Google.Dalam kasus ini, seperti dikutip Kompas dari sebuah diskusi diKaskus, peretas mengalihkan DNS “google.co.id” di alamat IP “192.99.147.160” dialihkan ke “host b0x1.madleets.com” yang beralamat IP “167.114.12.10”.

Menurut pantauan KompasTekno, “menghitamnya” situs Google Indonesia hanya menimpa pengguna yang menggunakan layanan Telkom Speedy. Saat dicoba menggunakanproviderinternet lain, laman Google Indonesia tetap normal menampilkan halaman seperti biasa.Belum ada pernyataan resmi dari Google Indonesia dan Telkom Speedy atas kejadian ini.

http://situsaja.blogspot.com



Bagikan Artikel :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : SituSaja | Tentang Aku | Pasang Iklan
Copyright © 2011-2015. gudang artikel - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Wawan Se
Proudly powered by Blogger