Ciri-ciri Batray Smartphone Yang Bocor

  wawanse      
Di beberapa hari yang lalu, ada banyak pertanyaan seputar ciri-ciri baterai smartphone/hp yang rusak atau bocor itu seperti apa? Sebenarnya ada banyak hal dan penyebab yang menyebabkan baterai pada smartphone menjadi rusak dan bocor baik itu smartphone dengan sistem operasi Android atau iOS. Smartphone yang tiba-tiba mati mendadak, belum tentudisebabkan oleh baterai yang bocor atau lebih tepatnya rusak. Bisa saja smartphone anda memiliki begitu banyak proses dan aplikasi yang berjalan sehingga RAM tidak mampu menerima masukan yang begitu banyak untuk diproses. Oleh karena itu, kita harus cermat dan pintar untuk mengetahui ciri-ciri baterai smartphone yang rusak atau bocor dengan teliti. Jika terlalu cepat mengambil keputusan maka akan sangat disayangkan tentunya terlebih lagi jika baterai anda masih bagus tentu tidak go-green jika dibuang begitu saja. Nah saya akan memberikan informasi bagaimana sih cara mengetahui ciri-ciri baterai smartphone yang rusak atau bocor dengan mudah tanpa perlu membongkar atau melihat kondisi baterai secara fisik apakah gelembung atau tidak.Terdapat beberapa cara untuk memeriksa bagian mana yang menyebabkan baterai menjadi bocor. Tetapi sebelum menjalankan langkah-langkah di bawah, sebaiknya kamu menerapkan terlebih dahulu tips-tips penghematan baterai pada perangkat Android atau iOS anda. Bila tetap tidak membuahkan hasil, baru kamu gunakan langkah-langkah yang akan saya bagikan untuk memastikan keadaan baterai smartphone anda rusak atau tidak. Inilah Ciri-ciri baterai smartphone yang rusak atau bocor dengan mudah :
  1. 1.Smartphone terasa panas pada bagian baterai tepatnya didaerah belakang.
  2. 2.Kondisi fisik dari baterai telah menggelembung namun bila anda menggunakan baterai yang tidak bisa dicabut (non removeable) maka ada cara lain untuk memeriksanya.
  3. 3.Ketika di lakukan pengisian (charge) pada baterai, indikator menunjukkan bahwa baterai keluar masuk atau kadang terisi atau tidak. Itu menandakan bahwa baterai sudah mulai tidak stabil.
  4. 4.Indikator status baterai terkadang naik turun persentasenya dan ketika untuk bermain game sering mati atau reboot.
  5. 5.Baterai akan cepat habis meski baru selesai diisi atau dilakukan pengecasan.
Bagaimana cara mengatasi baterai yang bocor ? Cara Mengatasi baterai yang bocor, rusak atau sudah ada tanda-tanda mendekati kebocoran, sobat perlu melakukan kalibrasi pada baterai tetapi bila tingkat kerusakan pada baterai masih belum terlalu parah. Jika sudah rusak parah atau dapat dicontohkan hanya bertahan selama 20 menit setelah 100 persen pengisian daya maka dapat disimpulkan sobat perlu mengganti baterai dengan yang baru untuk menghindarkan kerusakan pada sistem lainnya.Mengapa penting mengecek kondisi baterai apakah rusak atau tidak? Baterai adalah tempat untuk menampung daya yakni sumber listrik yang dapat diakses oleh komponen terminal, socket, port, dan komponen lain yang terletak di dalam inti smartphone atau perangkat gadget. Jika sumber daya memiliki tegangan yang sudah tidak stabil tentu akan merusak inti processor, mungkin juga memori, I/O, dan beragam komponen lainnya karena tidak stabilnya arus yang masuk dan keluar. Buat sobat yang tidak ingin hp nya rusak dan tambah parah biasakan mengecek baterai dan melakukan kalibrasi pada baterai apabila baterai sudah tidak stabil. Ciri-ciri baterai smartphone bocor yang terakhir adalah timbul percikan api ketika melakukan charge. Terdapat beberapa kejadian yang telah dialami gadgeters terhadap baterai yang meledak karena kerusakan yang ditimbulkan. Ketika baterai sudah sampai mengeluarkan percikan api atau asap atau bau yang agak gosong, sebaiknya jangan terus digunakan. Untuk mengatasi hal tersebut taruh ponsel Anda jauh dari bahan yang mudah terbakar. Di samping itu ganti baterai dengan kondisi baru merupakan alternatif utama.Nah itulah tadi beberapa ciri-ciri baterai smartphone bocor atau rusak yang perlu sobat ganti dengan baterai baru. Hal ini bertujuan untuk memperpanjang efektivitas smartphone, handphone, tablet,atau perangkat komputer anda bekerja relatif stabil dan sesuai dengan performa biasanya. Tips membeli baterai yang terakhir yaitu belilah baterai asli dengan jumlah daya IN dan daya OUT itu sama dengan baterai yang anda gunakan sebelumnya. Jangan pernah membeli baterai Universal dan jangan pernah menggunakan charger Universal agar baterai anda tidak bocor dan rusak dengan cepat.

Terima Kasih Sudah Membaca √ Ciri-ciri Batray Smartphone Yang Bocor

logoblog
Previous
« Prev Post

1 comment: