Situs Google.co.id Di Hack

  wawanse      


Situ Saja - Minggu pagi ini, tim redaksi OkeJoss tidak dapat membuka situs Google.co.id karena telah dihack oleh sekelompok hacker. Mereka mengubah tampilan website Google.co.id dari berwarna putih menjadi berlatar hitam dan terdapat tulisan “Security is just an Illussion”.

Sebelumnya situs Google.co.id juga mengalami error tidak bisa diakses.Ternyata para hacker bukan menjebol keamanan Google yang terkenal ketat tersebut, mereka memanfaatkan celah yang ada dalam ISP Telkom. Jadi para pengguna internet Indonesia yang menggunakan koneksi internet dari telkom baik speedy maupun telkomsel maka mereka tidak dapat mengakses situs Google.co.id

Peretas diduga telah masuk ke server Telkom dengan menyusupkan kode tertentu ke dalam script milik Telkom Speedy. Script milik Speedy yang biasa dipakai Telkom untuk menampilkan iklansaat pelanggan hendak masuk ke situs tertentu diubah oleh para hacker. Script tersebut bekerja dengan menyisipkan kode Javascript pada setiap halaman web yang dibuka pengguna. Kode tersebut akan memanggil konten iklan yang berada di server berdomain “cfs.u-ad.info”.

Hacker kemudian mengubah isi script Speedy tersebut dengan mengganti tujuan “google.co.id” yang seharusnya ke “cfs.u-ad.info” dulu untuk keperluan iklan menjadi “host.b0x1.madleets.com” yang beralamat IP “167.114.12.10”. Hasilnya, setiap pengguna Telkom Speedy yang membuka “www.google.co.id” yang seharusnya melihat tampilan iklan dulu malahan dibawa masuk ke situs palsu Google Indonesia buatan para hacker.

Metode yang dilakukan peretas ini biasa disebut “DNS Hijacked” dengan mengubah alamat DNS yang merujuk ke sebuah situs ke situs “hitam” yang telah mereka buat sebelumnya.Akhirnya tim redaksi OkeJoss telah bisa membuka kembali halaman Google.co.id setelah merubah dns google dan menghapus seluruh cookies dan cache yang ada di browser.

Bagi anda yang belum bisa membuka Google.co.id mungkin anda harus melakukan clear cookies dan cache terlebih dahulu.

http://situsaja.blogspot.com



Terima Kasih Sudah Membaca √ Situs Google.co.id Di Hack

logoblog
Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment