Home » , » Rahasia Hidup Lebih Dari 100 Tahun Ala Orang Jepang

Rahasia Hidup Lebih Dari 100 Tahun Ala Orang Jepang


KompasNia - Banyak orang yang ingin hidup sehat dan panjang umur. Dengan begitu mereka akandapat melihat anaknya tumbuh menjadi orang tua. Melihat cucunya lahir dan tumbuh besar hingga akhirnya berkeluargajuga. Hidup yang panjang lebih berharga dari harta jenis apa pun.Namun seiring dengan berkembangnya zaman.

Tingkat usia manusia kian menurun. Salah satunya karena faktor makanan yang dapat memengaruhi kesehatan. Selain itu lingkungan juga berperan membuat seseorang bisa bertahan lebih lama atau tidak.Baru-baru ini Kementerian Kesehatan Perburuhan dan Kesejahteraan Jepang merilis data menakjubkan. Hampir 60.000 penduduk Jepang berusia lebih dari 100 tahun. Sebuah rekor tertinggi di dunia. Bahkan angka umur panjang di atas 100 tahun terus meningkat sepanjang tahun. Seperti apakah kehidupan mereka hingga hidup sangat lama? Mari kita simak bersama-sama.


1. Mengkonsumsi Ikan Laut Mentah Hampir Setiap Hari




Jika mendengar masakan Jepang, maka yang ada di pikiran kita adalah Sushi. Masakan yang terbuat dari nasi dan biasanya diberi toping irisan daging ikan laut segar. Lalu disantap dengan kecap asin, dan wasabi.Salah satu manfaat dari mengkonsumsi ikan laut, terutama mentah adalah kandungan omega-3 yang tinggi.

Dengan mengkonsumsi ikan laut akan mengurangirisiko serangan jantung hingga 36%. Bahkan telah diteliti jika mengkonsumsi ikan laut dapat memperpanjang umur hingga 2,2 tahun. Ilmuwan merekomendasikan untuk mengkonsumsi 2 sajian ikan seperti Tuna dan Salmon setiap minggu. Dan paling baik dimakan mentah atau jika tidak dipanggang atau dikukus.


2. Rumput Laut Hijau Nyaris Setiap hari



Rekor wanita tertua di dunia akhirnya selesai setelah pada April 2015 lalu Misao Okawa meninggal. Wanita asal Osaka itu meninggal saat berusia 117 tahun. Salah satu yang menyebabkan wanita ini hidup lama adalah pola makan yang baik dan olahraga teratur.Selain mengkonsumsi ikan laut mentah yang kaya omega-3, masyarakat Jepang sangat suka mengkonsumsi rumput laut hijau.

Biasanya mereka menjadikan dalam bentuk segar sebagai campuran salad ataucampuran sup.Kandungan dari rumput laut adalah proteinyang berfungsi dalam regenerasi otot. Selain itu rumput laut juga mengandung potasium yang lebih tinggi dari pisang. Dan yang paling mengejutkan adalah rumput laut dapat mengatur hormon dalam tubuh seperti tiroid, estrogen, dan estridol yang mampu mengurangi risiko kanker payu dara.


3. Makanan Fermentasi Yang Sangat Banyak



Manfaat mengkonsumsi makanan berfermentasi adalah kemampuan penyerapannya yang tinggi. Bahkan sebagian telah diserap oleh tubuh saat kitamasih mengunyah dan belum masuk ke lambung. Olahan fermentasi yang paling banyak digunakan di Jepang adalah pasta kacang kedelai, kecap asin, acar mentimun, miso, dan yang paling terkenal adalah natto, fermentasi kedelai yang dimakan dengan nasi panas dan telor mentah.Kemampuan penyerapan yang cepat dari olahan fermentasi ini membuat tubuh mendapatkan manfaat yang besar. Meningkatkan imunitas tubuh, dan juga membuat perut kita sehat karena adanya bakteri baik yang berkembang di dalamnya.


4. Mandi Dengan Berendam di Air Hangat



Mandi adalah hal yang sangat penting bagimasyarakat Jepang. Jika kita ke Jepang akan banyak sekali ditemukan pemandian umum seperti sento atau onsen. Sebanyak85% penduduk Jepang mandi dengan berendam di dalam air hangat.

Bahkan menurut survei pada tahun 2010 sebanyak128 juta orang Jepang sering menggunakan pemandian umum untuk berendam dan menghabiskan waktu setelah pulang kerja.Menurut ilmuwan dari Jepang, kandungan mineral dalam air hangat terutama yang berasal dari gunung dapat menyembuhkankecapaian. Dapat menghilangkan penyakit kulit, dan yang terpenting lagi adalah sebagai sarana meditasi dan menenangkan pikiran. Jika pikiran selalu segar maka tubuh akan merespon dengan baik, dampaknya kesehatan meningkat dan dapat hidup lebih lama.


5. Selalu Meminum Teh di Waktu Senggang



Jepang sangat terkenal dengan teh hijau yang bermanfaat. Bahkan Jepang juga menjadikan acara minum teh sebagai salah satu upacara yang sakral. Hal yang sangat penting dan menjadi gaya hidup yang sudah dilakukan secara turun-temurun.Kandungan teh hijau sangat baik terutama dalam menjaga daya tahan tubuh. Bahkan dengan konsumsi yang berkelanjutan mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Masyarakat Jepang yang mengkonsumsi teh hingga 5 gelas sehari dapat menurunkan tingkat kematiannya hingga 26%.Hidup dan mati ada di tangan Tuhan. Namun kita sebagai manusia harus mampu menjaga diri agar terhindar dari penyakit.

Semua dimulai dengan mengubah kebiasaan buruk seperti mengurangi rokok dan menjaga pola makan. Lalu melakukan kebiasaan baik, walau sekecil apa pun seperti rajin mandi, atau cuma membuang sampah di tempatnya. Selalulah jaga kesehatan agar dapat hidup lebih lama

http://situsaja.blogspot.com


Bagikan Artikel :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : SituSaja | Tentang Aku | Pasang Iklan
Copyright © 2011-2015. gudang artikel - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Wawan Se
Proudly powered by Blogger